Perhimpunan Mahasiswa Bandung

Badan Hukum Nomor : J. A. 5/33/18 Tanggal.27-04-1956

 

Tentang Kami


Perhimpunan Mahasiswa Bandung (PMB) adalah sebuah organisasi kemahasiswaan ekstra universitas yang telah resmi terdaftar di Departemen Kehakiman sebagai sebuah Badan Hukum No. J.A.5/33/18 Tgl. 27-4-1956. Perhimpunan ini didirikan pada tanggal 17 Maret 1948 di kota Bandung dengan nama Perhimpunan Mahasiswa Indonesia Bandung (PMIB) yang kemudian namanya diubah menjadi Perhimpunan Mahasiswa Bandung (PMB) pada tanggal 21 Desember 1950.

Adapun tujuan didirikannya perhimpunan ini adalah untuk membangkitkan dan memperkekal rasa kekeluargaan di antara mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di kota Bandung khususnya, turut serta dalam mempertinggi derajat masyarakat Indonesia serta membangkitkan dan memperbesar rasa tanggung jawab terhadap penyempurnaan kemerdekaan nasional. Sejalan dengan diakuinya kemerdekaan Indonesia dimata dunia kata “Indonesia” di dalam nama Perhimpunan Mahasiswa Indonesia Bandung (PMIB) yang digunakan sejak tahun 1948-1950 kemudian di hilangkan.

Dalam aktifitasnya perhimpunan ini berlandaskan Pancasila dengan tiga asas yaitu: Kemahasiswaan, Kemasyarakatan, dan Kenasionalan. Sebagai sebuah organisasi kemahasiswaan perhimpunan ini bersifat Independen. Sejak didirikannya sampai kini, PMB tidak pernah berafiliasi dengan lembaga/organisasi lainnya atau partai politik manapun. Perhimpunan ini aktif mengelar berbagai macam program kegiatan baik yang sifatnya lokal, regional maupun nasional. Selain itu juga aktif dalam mengadakan regeneraasi anggota setiap tahunnya dan sampai saat ini anggota perhimpunan ini tidak kurang dari 5000 Anggota yang terdiri dari berbagai universitas di kota Bandung.

Pada tahun 1965 Perhimpunan ini tergabung dalam Sekretariat Bersama Organisasi Mahasiswa Lokal (SOMAL) bersama dengan organisasi kemahasiswaan lokal lainnya yaitu: Corpus Studiosorum Bandungenshe (CSB), Ikatan Mahasiswa Djakarta (IMADA), Gerakan Mahasiswa Surabaya (GMS), Ikatan Mahasiswa Bandung (IMABA), Ikatan Mahasiswa Pontianak (IMAPON), Ikatan Mahasiswa Yogyakarta (IMAYO). Somal sendiri dicetuskan untuk menyikapi gejolak politik nasional yang terjadi pada tahun 1965. Sampai kini ikatan kekeluargaan yang terjalin diantar anggota SOMAL tersebut sangat kental, dalam beberapa kegiatan anggota SOMAL sering berkumpul untuk menyikapi berbagai macam persoalan yang terjadi di negri ini.

- Mukadimah Perhimpunan Mahasiswa Bandung -
- Penjelasan Azas-azas Perhimpunan Mahasiswa Bandung -